Minggu, 18 Januari 2009

Perkembangan TI dan Keamanannya

Perkembangan TI memang tidak seperti perkembangan teknologi yang lain dalam peradaban manusia. Otomotif, misalnya. Sejak ditemukannya mobil model T sampai sekarang nyaris belum ada perkembangan yang mendasar, 4 roda yang dikemudikan oleh setir. Yang terus berkembang mungkin adalah turunan mobil ini yang bernama Formula 1, dimana tim research and development masing-masing konstruktor bertanding untuk mengembangkan mobil F-1 yang tercepat dan teraman dalam perlombaan.
TI, sebuah teknologi yang lebih muda dari otomotif itu, secara cepat terus dan terus berkembang. Ibaratnya, apabila kita berpaling sejenak dari TI maka ketika menoleh kembali kita akan pangling wajahnya. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini, suatu ilmu yang kita punyai hari ini mungkin akan berkembang ketika orang lain menemukan ilmu baru keesokan harinya.
Seperti yang saya alami sendiri, ketika baru saja belajar dasar networking dengan media ethernet dan belum menguasai sepenuhnya, ternyata di dunia lain sudah lihai menggunakan
wireless networking. Sebuah teknologi yang dahulu hanya saya baca di majalah, sekarang saya harus melompat untuk mengikutinya agar tidak ketinggalan.
Ada hal yang bagi saya menarik dari teknologi WLAN ini, yaitu tentang mobilitas dan keamanannya. Mobile karena terminal tidak harus bertempat di suatu titik yang dijangkau kabel, juga karena namanya yang wireless, saya tidak perlu susah-susah mengulur kabel.
Bicara tentang masalah keamanan, ini yang juga menarik bagi saya. Dengan gelombang radio wifi yang hilir mudik di sekitar kita, sangat mungkin untuk ditangkap oleh semua orang yang mungkin menguping paket-paket data yang kita kirimkan. Jika dahulu orang harus mencolokkan kabel untuk menyadap jaringan, sekarang dipermudah dengan hanya menangkap gelombang radio yang lalu lalang. Berusaha mengamankannya dengan WEP, setahu saya sekarang sudah banyak beredar software cracker WEP bahkan sudah dikompilasi seperti dalam distro
Bactrack.
Apakah cukup seperti ini kisahnya? Saya yakin tidak, dalam beberapa kedipan mata teknologi-teknologi itu akan berkembang dan perlombaan pengaman dan penguping itu akan terus berlanjut. Bahkan lebih seru lagi.

Tidak ada komentar: